Sistem Pencernaan Manusia: Organ dan Kelenjar Pencerna「Gaming Network」an

  • 时间:
  • 浏览:0

KelenjGaming NetworkaGaming Networkr empeGaming Networkdu berfungsi dari kantung empedu untuk menyimpan empedu dari hati. Ini juga berperan dalam mengemulsi lemak.

Masing-masing sistem pencernaan itu memiliki tugas dan fungsi dalam proses makanan.

Didalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi merupakan bagian yang berperan untuk mengunyah makanan saat kita makan.

Dinding kerongkongan terdapat otot –otot yang bisa mengembang dan mengempis saat mendorong makanan yang berbentuk gumpalan menuju lambung. Gerakan otot yang demikian disebut peristaltik.

Tidak ada proses pencernaan makanan di kerongkongan. Kerongkongan itu relatif lurus dan cukup panjang sekitar 25 sentimeter, berbentuk tabung dengan diamater 2 sentimeter.

Lidah memiliki sejumlah fungsi, seperti mengatur letak makanan di dalam mulut, mencampur makanan ludah, membantu proses menelan, dan sebagai indera pengecap.

Saat hormon sekretin sampai di pankreas maka akan merangsang produksi dan pengeluaran getah pankreas, sedangkan hormon kolesistokinin akan merangsang kantung empedu mengeluarkan bilus, yang berfungsi mengemulsikan lemak.

Pada lidah dilapisi oleh selaput mukosa. Lidah merupakan organ yang terlibat dalam pencernaan makanan tersusun atas otot lurik.

Baca juga: Demi Pencernaan Sehat, Perhatikan Kadar Gula dalam Yogurt

1. Pankreas

Berikut penjelasannya:

Baca juga: Ragam Manfaat Sarang Burung Walet, untuk Kulit hingga Pencernaan

4. Usus halus

Baca juga: Apakah Asam Lambung Naik Bisa Memicu Serangan Jantung?

Pada kelenjar ludah akan menghasilkan ludah. Ludah dihasilkan oleh tiga kelenjar, yakni kelenjar paratis yang terletak di bawah telinga.

1. Mulut

Pankreas menghasilkan enzim pencernaan (getah pankreas) dan hormon insulin dan glukagon. Pankreas itu terletak dibagian belakang bawah lambung, kelenjar berwarna keputihan.

Pengeluaran getah pankreas dipengaruhi oleh hormon yang disekresikan oleh dinding usus dua belas jari.

Faring adalah daerah persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan. Kerongkongan merupakan organ yang berperan sebagai tempat jalannya makanan menuju lambung.

2. Kerongkongan

Dikutip situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada sistem pencernaan terdiri dari organ pencernaan dan kelenjar pencernaan. Organ pencernaan meliputi, mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

Ada beberapa fungsi hati, yakni:

Dalam proses tersebut melibatkan berbagai sistem atau alat pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia. Kemudian mulut dan dari mulut hingga usus besar.

Pada usus besar berdiri dari enam bagian, seperti sekum, kolon asenden, kolon transversum, kolon desenden, kolon sigmoid, dan akhiri rektum.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), makanan yang sudah dikunyah oleh gigi kemudian akan masuk ke kerongkongan melalui faring.

Dalam lambung ada tiga bagian, yakni bagian atas (kardiak), bagian tengan (fundus), dan bagian bawah (pylorus). Pada kedua ujung lambung terdapat dua klep, yaitu spingter esophangeal yang berbatasan antara kerongkongan, dan berfungsi untuk menjaga makanantetap dilambung dan akan terbuka jika ada makanan yang masuk.

Mulut juga disebut rongga mulut. Dalam anatomi manusia lubang tempat makanan dan udara yang kemudian masuk ke dalam tubuh.

Usus halus memiliki panjang sekitar 8,25 meter. Pada usus halus terdiri atas usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan.

Baca juga: Mengenal CAFs, Penyebab Awal Kanker Usus Besar Menyebar

Makanan akan dicerna pertama kali baik secara mekanik oleh gigi maupun secara kimiawi oleh enzim amilasi (ptyalin) yang menguraikan amilium (polisakarida) menjadi maltosa (disakarida).

Jika masuk ke usus dua belas jari maka sel-sel tertentu dari usus tersebut akan mengeluarkan hormon sekretin dan kolesistokinin ke dalam darah.

Tugas utama usus besar itu menyerap air dan mineral dari sisa makanan. Sehingga membuatnya menjadi padat dan membentuk tinja. Gerak peristaltik lalu akan mendorong tinja menuju rektum hingga dikeluarkan melalui anus.

Hati terletak didalam rongga perut sedikit ke kanan di bawah diafragam. Hati merupakan kelenjar yang paling besar dalam tubuh manusia, terdiri atas dua lobus.

Dalam organ pencernaan ada beberapa sistem, yakni:

3. Lambung

Pada bagian dalam selalu basah, karena cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar mukosa. Kedua ujung kerongkongan ditutup oleh penyempitan otot dibagian atas dan bawah.

4. Usus besar

Baca juga: Langsung Tidur Setelah Makan? Pencernaan Bisa Bermasalah Lho

Kemudian kelenjar submaksilaris yang ada di rahang bawah, dan kelenjar sublingualis yang berada di lidah.

Di dalam usus tersebut, makanan akan kembali diproses dengan enzim pencernaang yang diproduksi pankreas, dinding usus halus, dan cairan empedu dari kantong empedu.

Sementara kelenjar pencernaan meliputi ludah, pankreas, hati, dan empedu.

Lambung merupakan kantung tempat menyimpan makanan untuk sementara. Lambung terletak di dalam rongga perut sebelah kiri di bawah rongga dada.

Ketiga usus tersebut akan bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan pencernaan makanan agar menjadi unit-unit kecil yang diserap ke dalam pembuluh darah usus.

Dengan gigi makanan digigit, sobek, potong, dan kunyah yang kemudian dihaluskan. Gigi berdasarkan bentuknya itu ada beberapa jenis, yakni gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan, gigi geraham belakang.

3. Kelenjar empedu

Kemudian klep (spingter) pylorus berbatasan dengan usus dua belas jari. Di dalam proses pencernaan protein dimulai.

Pada kelenjar pencernaan terdiri beberapa bagian, yakni:

Berikut penjelasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

2. Hati

KOMPAS.com - Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi akan dicerna terlebih dahulu di dalam tubuh. Ada yang diserap oleh tubuh dan sisanya akan dikeluarkan kembali dari tubuh.