Penggun「Football betting rebate」aan Kata Depan Di, Ke, dan Dari

  • 时间:
  • 浏览:0

SepertFootball betting rebatei yFootbFootball betting rebateall betting rebateang telah diseFootball betting rebatebutkan di atas, kata depan digunakan untuk menunjukkan keterangan tempat dan waktu.

“Dia sudah menunggu kamu diatas.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Mengutip dari buku Bijak Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi (2020) karya Rishe Purnama Dewi, dkk, semua kata depan, ‘di’, ‘ke’, dan ‘dari’, ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya.

Contoh 5:

Kalimat di atas merupakan contoh yang benar. Karena kata ‘dari’ menunjukkan keterangan tempat.

Penulisan kalimat tersebut salah, khususnya pada penggunaan kata depan ‘diatas’. Seharusnya kata ‘diatas’ ditulis terpisah, karena merupakan kata depan dan bukan kata awalan. Penulisannya yang benar adalah “Dia sudah menunggu kamu di atas.”.

Kalimat di atas merupakan contoh yang benar. Karena kata ‘ke’ menunjukkan kata depan untuk keterangan tempat.

Kemana sajakah kamu seharian ini?”

Berikut beberapa contoh penggunakan kata depan atau preposisi ‘di’, ‘ke’, dan ‘dari’, yaitu:

Contoh 3:

 Baca juga: Daftar Kata Bentuk Ulang

Berbeda dengan kata awalan yang penulisan ‘di’ serta ‘ke’ ditulis serangkai atau digabung dengan kata berikutnya.

Penulisan kalimat tersebut salah, khususnya pada kata “ di tulis”. Seharusnya kata “di tulis” digabung atau ditulis serangkai, karena merupakan kata awalan dan bukan kata depan. Penulisannya yang benar adalah “Buku ini ditulis atas dasar pengalaman pribadi.”.

“Tolong bawa sendok dan garpu ini ke meja makan.”

Contoh 1:

Maka bisa disimpulkan jika kata depan 'di', 'ke', dan 'dari' ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Karena menunjukkan kata keterangan tempat atau waktu. Untuk kata depan 'ke' bisa diganti kata 'dari' untuk menyatakan kondisi selesainya suatu peristiwa.

Contoh 2:

Kalimat tanya di atas merupakan contoh yang salah. Kata ‘kemana’ harus ditulis secara terpisah. Karena menunjukkan pertanyaan tempat atau lokasi keberadaan seseorang selama seharian. Penulisan yang benar adalah Ke mana sajakah kamu seharian ini?”.

Menurut Widjono Hs., dalam buku Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi (2007), kata depan ‘di’ dan ‘ke’ selalu diikuti kata yang menyatakan tempat atau arah.

Baca juga: Pengertian Pemenggalan Kata dan Contohnya

“Buku ini di tulis atas dasar pengalaman pribadi.”

Beberapa penulisan untuk kata depan ‘ke’ bisa diganti kata ‘dari’, khususnya untuk kalimat yang menyatakan kondisi setelah suatu peristiwa terjadi. Contohnya ‘ke sekolah’, bisa diganti dengan ‘dari sekolah’. Artinya habis pergi dari sekolah atau sepulang sekolah.

Contoh 4:

“Aku habis pergi dari rumah teman untuk mengerjakan tugas kelompok.

KOMPAS.com - Kata depan atau preposisi pada bahasa Indonesia menunjukkan keterangan waktu atau tempat. Kata depan merupakan jenis kata yang terletak di depan kategori lainnya. Terkadang dalam penulisannya, sering terbalik dengan awalan, khususnya untuk kata ‘di’ dan ‘ke’.