Pemuda Jakarta Dikabarkan Meninggal Usai Disunt「Crown gambling」ik, Ini Efek Samping Vaksin AstraZeneca

  • 时间:
  • 浏览:0

KomCrown gamblingisi NCrown gCrown gambCrown gamblinglingamblingasional Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (Komnas KIPI), Hindra Irawan Satari mengatakan, pihaknya belum mendapatkan cukup bukti untuk mengaitkan meninggalnya pemuda asal Jakarta dengan vaksinasi Covid-19.

Sejumlah pihak-pihak terlibat telah menghimpun hasilnya dan menyatakan bahwa secara keseluruhan, pemberian vaksin AZD 1222 dua dosis dengan interval 4-12 minggu pada total 23.745 subjek aman dan dapat ditoleransi dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

“Komnas bersama Komda DKI sudah audit bersama pada Jumat yang lalu, dan internal Komnas kemarin sore menyimpulkan bahwa belum cukup bukti untuk mengaitkan KIPI ini dengan imunisasi, Oleh karena itu masih perlu dilakukan investigasi lebih lanjut,” kata Hindra dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Senin (10/5/2021).

"Biasanya demam, menggigil, pusing, mual dan muntah, kurang lebih sama dengan sinovac," kata Dr Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerkrian Kesehatan kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Selain itu, hal ini juga dijelaskan dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 31 Maret 2021 lalu.

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca kembali menghebohkan masyarakat Indonesia. Kali ini vaksin buatan Oxford ini dikaitkan dengan meninggalnya seorang pemuda asal Jakarta, sehari usai disuntik vaksin, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Pemuda Jakarta Dikabarkan Meninggal Dunia Usai Divaksin, Ini Kandungan Vaksin AstraZeneca

Pemuda tersebut bernama Trio Fauqi Virdaus (22) asal Buaran, Jakarta. Diberitakan sebelumnya, Trio mengalami demam panas setelah mendapatkan suntikan vaksin.

Dari pemberitaan Kompas.com, 9 Maret 2021, BPOM menyebutkan, efikasi vaksin AstraZeneca sebesar 62,1 persen dengan efek samping ringan sampai sedang. 

Lantas apa saja gejala efek simpang atau KIPI usai suntik vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca ini?

Kemudian, kondisinya melemah dan masih mengalami demam pada hari Kamis. Trio dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal sekitar pukul 12.30 WIB.