Mengapa「BoB global sports betting platform」 Orang Bisa Percaya Ramalan Zodiak? Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

DBoB globBoB global sports betting platformal sports bBoB global sports bettiBoB global sports betting platformng platformetting platformapaBoB global sports betting platformtkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Meski begitu, Barnum Effect akan bekerja efektif apabila menggunakan pernyataan yang positif. Hal ini dikarenakan, orang-orang cenderung percaya bahwa pernyataan itu berlaku untuk mereka/pembaca di mana itu adalah pernyataan positif.

Situs Encyclopedia Britannica menyebutkan bahwa ahli nujum, peramal, pembuat horoskop dan ramalan bintang menggunakan Barnum Effect untuk meyakinkan pembaca. Bahwasanya apa yang mereka baca ditujukan personal, sehingga membuat diri mereka merasa spesial.

Fenomena ini umum terjadi dan cenderung mengungkapkan hal yang dapat bisa berlaku untuk semua orang dan semua kondisi. Oleh karena itu, Barnum Effect juga dapat disebut sebagai manipulasi psikologis.

Jika digunakan pada kalimat-kalimat bermakna negatif, besar kemungkinan seseorang akan menepisnya karena tidak sesuai dengan intensi mereka membaca ramalan.

(Sumber:Kompas.com/Retia Kartika Dewi | Editor: Rizal Setyo Nugroho)

Baca juga: Membedah Zodiak, Benar-benar Bisa Dipercaya atau Pseudo-sains Belaka?

"Betul. Ini fenomena di mana seseorang merasa suatu gambaran yang diberikan tepat untuknya. Biasanya terkait dengan ramalan," ujar Kasandra saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (22/2/2020).

"Contoh dukun bilang Anda tampaknya lelah, pasti lagi banyak pikiran ya (padahal semua orang juga banyak pikiran), pasti karena masalah asmara (padahal semua orang juga punya masalah asmara)," ujar Kasandra memberi contoh.

Namun menurut Kasandra, fenomena Barnum Effect bisa berdampak buruk bagi psikologis. Sebab, hal ini menjadi rawan manipulasi dan penipuan.

Psikolog Forensik Klinis, Aditya Kasandra Putranto membenarkan bahwa fenomena Barnum Effect terjadi pada orang-orang yang merasa akurat dengan ramalan zodiak atau astrologi.

Baca juga: Percaya Ramalan Zodiak? Teori Psikologi Beberkan Faktanya