Kenali, Penyebab Busuk Akar pada Tanaman dan Cara Mengidentif「Live entertainment」ikasinya

  • 时间:
  • 浏览:0

BLive entertLive entertLive entertainmentainmentainmentaca juga: Bercak Cokelat pada Daun Calathea, Ini Jamur dan Penyakit Pemicunya

Anda mungkLivLive entertainmente entertainmentin tidak menganggap akar tanaman perlu bernapas, tetapi akar memang membutuhkan oksigen.

Penyakit tanaman hias tidak hanya bisa disebabkan oleh jamur, parasit, atau hama, namun juga perawatan yang kurang tepat. Salah satunya adalah busuk akar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias juga berarti harus memperhatikan kesehatan tanaman. Sebab, bukan tidak mungkin tanaman hias Anda terserang penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhannya.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (11/8/2021), pada tingkat paling dasar, busuk akar adalah penyakit tanaman, tetapi kuncinya adalah mempelajari faktor-faktor apa yang menyebabkan penyakit ini. Penyebab busuk akar bisa karena tanah yang tergenang air atau berbagai macam jamur.

Air mengalir melalui jenis tanah berpasir seperti saringan. Jarang tanah seperti itu menjadi tergenang air.

Ilustrasi menyiram tanaman.

Overwatering mungkin yang paling membingungkan dari semuanya. Anda tahu bahwa tanaman membutuhkan air, dan Anda menyiram tanaman hingga seluruh permukaannya tergenang, namun sebenarnya ini salah.

Akan tetapi, tanah liat menahan air untuk waktu yang lama. Jadi biasanya kombinasi drainase yang buruk dan kelembaban yang berlebihan yang membuat tanah tergenang air.

Overwatering maupun hujan yang terus-menerus dengan sendirinya bisa menyebabkan tanah tanaman tergenang air. Kondisi bisa diperparah dengan drainase yang buruk.

Baca juga: Mengenal Penyakit Virus Mosaik pada Tanaman Janda Bolong, Apa Itu?

Tanah dapat menjadi tergenang air karena beberapa pemicu, termasuk drainase yang buruk, hujan deras yang terus-menerus, dan penyiraman yang berlebihan atau overwatering.