Kenali Gejal「Indonesian gambling」a, Faktor Risiko, dan Cara Pengobatan Long Covid di Rumah

  • 时间:
  • 浏览:0

Baca juga: Ahli: 2 hingga 6 Bulan Paska Negatif, Pasien Masih Bisa Alami Long Covid

"InIndonesian gamblingdonesian gamblingindonesian gamblingtapi paling banyak, dialami oleh pasien (terinfeksi Covid-Indonesian gambling19) yang dirawat di rumah sakit," kata Erlang dalam diskusi Webinar Awam Long Covid-19 bertajuk Sindrom Pasca Covid, Sabtu (3/4/2021).

"Hipotesis saat ini, itu terjadi pertama karena kerusakan akibat virus (SARS-CoV-2) dan peradangannya," ujarnya.

Sekitar 4,5 persen lainnya mengalami gejala saat lebih dari 8 minggu, dan 2,3 persen mengalami gejala menetap tersebut setelah 12 minggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

- Severity atau beratnya penyakit

Prevalensi kejadian Long Covid yang membuat gejala menetap setelah pasien dinyatakan sembuh pada pasien bergejala berat yang harus dirawat di rumah sakit mencapai sekitar 80 persen.

- Perawatan dengan terapi oksigen

Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di RSUP Persahabatan, dr Erlang Samoedro SpP(K) mengataka,n bahwa prevalensi dan faktor risiko terjadinya Long Covid ini cukup bervariasi.

Faktor risiko dan penyebab Long Covid

- Memiliki penyakit penyerta atau komorbid lebih dari 1

Baca juga: Penelitian Baru: Gejala Long Covid Bisa Menetap hingga 9 Bulan

Berdasarkan penelitian Carfi et al 2020, ditemukan sekitar 13.3 persen pasien mengalami gejala Long Covid setelah lebih dari 28 hari sembuh.

KOMPAS.com - Long Covid adalah menetapnya gejala-gejala tertentu pada pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

- Usia lanjut lebih dari 55 tahun

- Perawayan dengan NIV atau ventilasi mekanik

Kendati faktor-faktor risiko Long Covid sudah diketahui, tetapi Erlang berkata, sampai sekarang penyebab pastinya terjadi gejala menetap setelah sembuh dari infeksi ini masih diteliti.

Sementara itu, pasien yang terinfeksi Covid-19 namun hanya butuh isolasi mandiri, prevalensi kejadian gejala menetap ini hanya sekitar 10-35 persen.

Berikut beberapa faktor risiko kejadian Long Covid :

- Wanita