Menkes Ajak Bangsa Indonesia Fokuskan Energi Hadapi Pandemi

  • 时间:
  • 浏览:0

Dalam kesempatan itu, Menkes Budi sedih masih ada tenaga kesehatan yang meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. “Saya instruksikan kepada semua RS untuk memprioritaskan tenaga kesehatan. Kalau ada nakes yang terpapar bisa dilayani dengan sebaik-baiknya,” ujar Menkes. ()

Karenanya, lanjut Menkes Budi, Presiden Jokowi juga meminta implementasi di lapangan harus diterapkan secara disiplin. Menkes juga mengajak masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Dengan begitu, bukan hanya melindungi diri sendiri tapi juga keluarga tercinta, tetangga, dan masyarakat.

“Asalkan bisa bekerja sama, harusnya bisa kita atasi. Asalkan energi yang kita miliki fokus untuk atasi pandemi sehingga tidak banyak energi yang dikeluarkan untuk saling menyalahkan,” ujar Menkes Budi, Jumat (25/6/2021).

Jakarta, 25 Juni 2021 – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan dalam perjalanan sejarah bangsa ini banyak masalah yang lebih berat namun tetap bisa dilalui. Karenanya, dia yakin bangsa Indonesia bisa menghadapi pandemi COVID-19.

Dia menyebut, pemerintah memerlukan dukungan semua stakeholder. Menkes Budi percaya bahwa modal sosial bangsa Indonesia besar sekali. Asal bisa dirajut, dia yakin Indonesia bisa hadapi pandemi.

“Berapa banyak kasus yang akan naik, bergantung pada kita. Berapa banyak saudara kita masuk RS, berapa tenaga kesehatan yang masuk RS juga tergantung kita,” tegas Menkes. Begitu juga sebaliknya.

Soal kapan pandemi berakhir, Menkes Budi mengatakan, jika dilihat dari pola pandemi COVID-19 maka amat bergantung pada semua pihak. Semakin bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan rajin mencuci tangan, pandemi ini akan cepat berakhir.