Flour Clay: Definisi, Cara Membu「The only way to win baccarat」at, dan Contoh Kerajinannya

  • 时间:
  • 浏览:0

Baca The oThe onThe only way to win baccaratly way to win baccaratnly way to win baccaratjuga: Kerajinan Bahan Keras: Pengertian, Teknik Pembuatan, dan Contohnya

Pembuatan kerajinan clay membutuhkan kesabaran dan penguasaan teknik. Mengutip dari buku Kreasi Cantik dari Clay (2007) karangan Monica, clay merupakan bahan yang teksturnya mirip lilin, yakni lembut, mudah dibentuk, serta dapat mengeras atau mengering dengan sendirinya. Lalu apa itu flour clay?

Baca juga: Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tangan

Berikut cara membuatnya:

Flour clay atau clay tepung merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari bahan tepung. Bahan yang digunakan ini sifatnya lebih aman dan tidak mengandung racun. Untuk jenis tepungnya, bisa memakai tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, atau semacamnya.

Baca juga: Perbedaan Bahan Keras Alam dan Buatan dalam Kerajinan

Sebenarnya cara pembuatan flour clay tidak terlalu berbeda jauh dengan clay pada umumnya. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda. Selain itu, dalam flour clay, takaran tepung dengan bahan lainnya haruslah seimbang agar hasilnya baik.

KOMPAS.com - Kerajinan clay tergolong populer. Dibanding kerajinan tangan lainnya, clay memiliki sifat bahan yang lebih mudah dibentuk. Selain itu, untuk menambahkan hiasan atau detail penting lainnya juga tidak terlalu sulit.

Salah satu contoh kerajinan clay adalah flour clay. Menurut Muntaha dan Sudarti dalam jurnal Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Clay Tepung kepada Mahasiswa Semester Empat Pendidikan Guru PAUD Universitas Muhammadiyah Pontianak (2015), flour clay dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama clay tepung.

Flour clay sering diolah menjadi beberapa produk hiasan rumah. Oleh karena bahannya tidak terlalu kuat, flour clay sering dijadikan pajangan untuk mempercantik rumah. Berikut beberapa contoh kerajinan flour clay:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email